PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Syahril Siddiq, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Endra Murti Sagoro, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode oleh Guru dan Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK di Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang merupakan populasi penelitian yang berjumlah 92 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis yakni dengan uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis dilakukan dengan uji regresi berganda, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi.

 

Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Minat Belajar Akuntansi, dan Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.