PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN

Arin Dwi Cahyanti, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 pada Kompetensi Jurnal Penyesuaian untuk siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tempel, 2) Mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6, 3) Mengetahui penilaian siswa dalam penggunaan Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6, 4) Mengetahui efektivitas penggunaan Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengikuti model pengembangan Borg & Gall (1983). Hasil penelitian menunjukkan 10 tahap pengembangan meliputi tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk dan revisi I, uji coba perorangan, revisi II, uji coba kelompok kecil, revisi III, uji coba lapangan, revisi produk akhir, produk akhir dan penyebaran. Kualitas Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,89 Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 2,92 Baik, 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,00 Baik, 4) Uji Coba Perorangan diperoleh skor 2,91 Baik, 5) Uji Coba Kelompok Kecil diperoleh skor 3,31 Sangat Baik, 6) Uji Coba Lapangan diperoleh skor 3,26 Sangat Baik. Berdasarkan analisis peningkatan hasil pretest dan posttest dengan gain score, Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Modul Interaktif, Akuntansi, SMA, Jurnal Penyesuaian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.