PENGEMBANGAN KARTU DOMINO AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2016/2017
Mimin Nur Aisyah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) produk Kartu Domino Akuntansi pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tingkat kelayakan Kartu Domino Akuntansi berdasarkan penilaian oleh: 1) Ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,75 (Sangat Layak), 2) Ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,21 (Sangat Layak), 3) Guru diperoleh nilai rata-rata 4,80 (Sangat Layak), dan 4) Siswa diperoleh nilai rata-rata 4,09 (Layak). Peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi dengan diterapkannya Kartu Domino Akuntansi diukur dengan pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan Analisis Gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor gain kelas XII IPS 1 adalah 0,52 dan XII IPS 2 adalah 0,50. Dari kedua hasil tersebut, skor di kelas XII IPS 1 dan skor di kelas XII IPS 2 termasuk dalam kategori Sedang.
Kata kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Kartu Domino Akuntansi, Prestasi Belajar, Ayat Jurnal Penyesuaian, ADDIE
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.