PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

Hanif Ibnu Rofad, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis berganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan rx1y=0,629; r2x1y=0,396; thitung>ttabel (8,017>1,984); terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan rx2y=0,502; r2x2y=0,252; thitung>ttabel (5,746 >1,984); terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan  = 0,670;  = 0,449; Fhitung>Ftabel (39,537 > 3,09).

                                                                                                 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akutansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.