PENGARUH CARA BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Riska Nurmaliyani, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Denies Priantinah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cara Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto  dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan kepada 29 siswa kelas X Akuntansi SMK YPE Sawunggalih yang merupakan anggota populasi yang berada di luar sampel. Uji validitas instrumen menggunalkan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s . Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Cara Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y 0,322, r2x1y 0,104, thitung 3,281> ttabel 1,985; rx2y 0,479, r2x2y 0,229, thitung 5,258>ttabel 1,985; dan Ry(1,2) 0,502, R2y(1,2,3) 0,252, Fhitung 15,510>Ftabel 3,095.

 

Kata kunci: Cara Belajar Siswa, Keterampilan Mengajar Guru, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.