PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, DISIPLIN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Mia Rizky Fausi, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Rr Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 88 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan  = 0,680,  = 0,463,  = 24,136 >  = 2,71.

Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.