PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR PERSEDIAAN

Triana Ristanti, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan Siswa Kelas XI AK 1 SMK YPE Sawunggalih Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan, hal ini dibuktikan bahwa skor rerata Motivasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan pada siklus I sebesar 69,44% dan pada siklus II mencapai 77,89% atau terjadi peningkatan sebesar 8,45%. (2) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan, hal ini dibuktikan bahwa nilai rata-rata post test pada siklus I sebesar 72,12 dan post test pada siklus II sebesar 80 atau terjadi peningkatan sebesar 7,88. Persentase ketuntasan hasil post test siklus I sebesar 50% dan persentase ketuntasan hasil post test siklus II sebesar 78,12% atau meningkat sebesar 28,12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan Siswa Kelas XI AK 1 SMK YPE Sawunggalih Tahun Ajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan, Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Persediaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.