PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitaif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan = 0,608; 0,370, Fhitung 18,476; Ftabel 1,512 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 68,36% dan Sumbangan Efektifnya sebesar 25,29%. Sumbangan Relatif Lingkungan Teman Sebaya sebesar 31,64% dan Sumbangan Efektifnya sebesar 11,71%.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.