PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI

Nita Lestari, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abdullah Taman, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten. 2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten. 3) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten.4) Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 104 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah secara individu dan bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi yang ditunjukan dengan nilai = 0,366; = 0,134; = 0,359; = 0,129; = 0,351; = 0,123;  0,473; = 0,223 dengan total sumbangan efekktif 22,30%.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.