PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA

Dewi Wahyuni, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar dan Peran Guru dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pundong Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,766; r2x1y = 0,586; terdapat pengaruh positif Peran Guru dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar dengan rx2y = 0,528; r2x2y = 0,278; terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Peran Guru dalam Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Rx12y = 0,766; R2x12y = 0,586; Fhitung 65,197; Ftabel 3,10.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Peran Guru dalam Pembelajaran, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.