PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Tuti Ningsih, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abdullah Taman, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa. 2) Teman Sebaya di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa. 3) Disiplin Belajar dan Teman Sebaya di Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 187 siswa dan sampel penelitian ini sejumlah 119 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah Pengaruh Disiplin Belajar dan Teman Sebaya di Sekolah secara individu dan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,407; r2x1y = 0,166; rx2y = 0,240; r2x2y = 0,057; Rx(1,2)y = 0,412; R2x(1,2)y = 0,169 dengan total sumbangan efektif 16,79%.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa, Pengaruh Disiplin Belajar, Teman Sebaya di Sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.