PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, TEMAN SEBAYA, DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN

Reynis Putri Rahmaningtyas, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Teman Sebaya, dan Kompetensi Pedagogik Guru secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan pada siswa Kelas XII Kompetensi Kejuruan Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini 148 siswa dengan sampel 108 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar, Teman Sebaya, dan Kompetensi Pedagogik Guru secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan rx1y 0,365, r2x1y 0,133, thitung 4,035> ttabel 1,659; rx2y 0,398, r2x2y 0,158, thitung 4,460>ttabel 1,659; rx3y 0,435, r2x3y 0,190, thitung 4,981> ttabel 1,659; dan Ry(1,2,3) 0,512, R2y(1,2,3) 0,262, Fhitung 12,285>Ftabel 2,690.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Teman Sebaya, Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.