IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Sekar Latri, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dapat meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi ranah afektif sebesar 8,06% atau pada siklus I sebesar 71,36% menjadi 82,42% pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelas Hasil Belajar Akuntansi ranah kognitif melalui pre test dan post test pada siklus I sebesar 16,25 atau dari 56,50 menjadi 72,75. Sementara itu pada siklus II sebesar 20,63 atau dari 63,81 menjadi 84,44. Peningkatan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 43,75% atau dari 6,25% menjadi 50,00%, sementara pada siklus II meningkat sebesar 56,25% atau dari 31,25% menjadi 87,50%. Sehingga, hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima dengan didukung oleh penelitian ini.

 

Kata kunci: Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted  Individualization (TAI).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.