PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI LUAR JAM PELAJARAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PIUTANG
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar di Luar Jam Pelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Piutang Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Wates, (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Piutang Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Wates, (3) Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar di Luar Jam Pelajaran dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Piutang Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Wates. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Uji prasayarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Waktu Belajar di Luar Jam Pelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Piutang dengan =0,606; =0,367; terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Piutang dengan =0,685; =0,469; terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Waktu Belajar di Luar Jam Pelajaran dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Piutang S dengan Ry(1,2)=0,751; R2y(1,2)=0,564.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Pemanfaatan Waktu Belajar, Perhatian Orang Tua
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.