PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA, KINERJA MENGAJAR GURU, PERHATIAN ORANG TUA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang dengan rx1y = 0,536; r2x1y= 0,287; thitung (3,588)> ttabel (2,045), rx2y = 0,634; r2x2y = 0,403; thitung (4,644) > ttabel (2,045); rx3y = 0,345; r2x3y = 0,119; thitung (2,077) > ttabel (2,045); rx4y = 0,357; r2x4y = 0,128; thitung (2,164)> ttabel (2,045); = 0,644, = 0,415, = 5,149 > = 2,701.
Kata kunci: Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.