IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Chandra Yulia Prasetyawati, Pendidikan Akuntansi Universitas negeri Yogyakarta
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Kota Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih adalah Mengelola Kartu Piutang. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang didapat melalui observasi dengan pedoman observasi diperoleh skor sebesar 70,49% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 79,58% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 9,09% dan berdasarkan angket terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang sebesar 14,69% di mana skor pada siklus I sebesar 70,66% meningkat menjadi 85,35% pada siklus II.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang, Numbered Heads Together    

                    (NHT)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.