IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Membukukan Jurnal Penyesuaian siswa kelas X Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, skor Motivasi Belajar Kompetensi Membukukan Jurnal Penyesuaian berdasarkan observasi meningkat sebesar 26,3% dari skor Siklus I sebesar 64,5% menjadi 90,8% pada Siklus II, sedangkan berdasarkan angket meningkat sebesar 3,45% dari skor siklus I sebesar 81,55% menjadi 85% pada siklus II. Seluruh aspek Motivasi Belajar yang diukur mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase skor peningkatan antara 12,56% sampai dengan 43,6% (observasi) dan antara 0,67% sampai dengan 10,15% (angket).
Kata kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.