PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai siklus I yaitu sebelum tindakan sebesar 52,12 menjadi 66,58 pada saat setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus II, rata-rata nilai peserta didik sebelum tindakan sebesar 66,53 menjadi 82,30 setelah dilaksanakan tindakan. Ditinjau dari aspek ketuntasan belajar peserta didik, terdapat peningkatan 40,36%, yaitu pada post test siklus I terdapat sejumlah 48,14% peserta didik telah mencapai KKM sedangkan pada siklus II terdapat sejumlah 88,5%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Prestasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.