PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar dan implementasi Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X1 IPS Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan multikolinieritas. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa ditunjukkan dengan rx1y = 0,501; r2x1y = 0,251; terdapat pengaruh positif implementasi Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa ditunjukkan dengan rx2y = 0,387; r2x2y = 0,150; terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan implementasi Pendidikan Karakter secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa ditunjukkan dengan = 0,526; = 0,277; Fhitung 13,020 > Ftabel 3,13.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Pendidikan Karakter, Prestasi Belajar Akuntansi Siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.