PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KAS KECIL

Dewi Cahyaningrum, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Kas Kecil siswa Kelas X1 SMK Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Kas Kecil ditunjukkan dengan rx1y = 0,655; r2x1y = 0,430; thitung 8,850 > ttabel 1,983; terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Kas Kecil ditunjukkan dengan rx2y = 0,625; r2x2y = 0,390; thitung 8,156 > ttabel 1,983; terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Kas Kecil ditunjukkan dengan Ry(1,2) = 0,793; R2y(1,2) = 0,629; Fhitung 87,392 > Ftabel 3,08.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar Kas Kecil, Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar  Guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.