PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN NILAI ANTI KORUPSI DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUTANSI
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Nilai Anti Korupsi dan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI AK1 di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Nilai Anti Korupsi dan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI AK1 SMK Muhammadiyah 1 Borobudur tahun ajaran 2016/2017. Skor rata-rata Nilai Anti Korupsi meningkat dari siklus I sebesar 72,61% menjadi sebesar 90,91% pada siklus II atau meningkat sebesar 18,30%. Sedangkan skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat dari siklus I sebesar 69,78% menjadi sebesar 87,50% siklus II atau meningkat sebesar 17,72%.
Kata kunci: Nilai Anti Korupsi, Aktivitas Belajar Akuntansi, Problem Based Learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.