PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKTIVA TETAP

Nuning Ernawati,
Rr Indah Mustikawati, Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orangtua, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini adalah 115 siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orangtua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap ditunjukkan dengan Y=0,465X1+0,917X2+0,621X3-12,365, Ry(1,2,3)=0,515 dan R2y(1,2,3)=0,265. Sumbangan Relatif dari variabel Motivasi Belajar 46,40%, variabel Status Sosial Ekonomi Orangtua 21,90%, dan variabel Lingkungan Sekolah 31,70%, dan total Sumbangan Efektif yaitu 26,50%.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orangtua, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Aktiva Tetap


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.