EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA BUSINESS CENTER UNTUK KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI YOGYAKARTA
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan Program Pembelajaran Kewirausahaan pada Business Center untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif kuantitatif menggunakan model CIPP Stufflebeam. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, serta observasi dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif z-skor kemudian ditransformasikan ke dalam T-skor selanjutnya diverifikasi dalam prototype kuadran Glickman. Hasil analisis data diperoleh posisi CIPP ( - - + - ) pada kuadran III dengan rincan variabel Konteks memperoleh frekuensi negatif (-), variabel Masukan frekuensi negatif (-), variabel Proses frekuensi positif (+), dan variabel Hasil frekuensi negatif (-). Disimpulkan bahwa Program Pembelajaran Kewirausahaan pada Business Center untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori kurang efektif. Untuk itu disarankan: (1) Kepala sekolah mencari cara guna memberikan tambahan permodalan bagi Business Center, (2) pengelola Business Center terus melakukan inovasi terhadap bentuk kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada Business Center, (3) siswa hendaknya dapat menanamkan pemahaman dalam diri bahwa belajar berwirausaha pada Business Center merupakan program sekolah yang baik untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha.
Kata kunci: Efektivitas, Model CIPP, Program Pembelajaran Kewirausahaan pada Business Center
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.