PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
Rr Indah Mustikawati, Ketua Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah 90. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2,3)= 0,649; R2y(1,2,3)= 0,421; dan Fhitung 20,843 > Ftabel 2,71. Sumbangan Relatif dari variabel Motivasi Belajar 20,9%, variabel Perhatian Orang Tua 73%, variabel Teman Sebaya 6,2%, dengan total Sumbangan Efektif yaitu 42,1% .
Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Teman Sebaya
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.