PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH TAHUN AJARAN 2016/2017

Dwi Cahya Nuranda, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan rx1y 0,32 dan r2x1y 0,10 serta nilai thitung 3,90 > ttabel 1,97. (2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan nilai rx2y 0,31 dan r2x2y 0.09, dan nilai thitung 3,80 > ttabel 1,97. (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan Ry(1,2) 0,37 dan R2y(1,2) 0,14 dan nilai Fhitung 10,69 > Ftabel 3,07.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.