PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI
Indarto Waluyo, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi, 2) pengaruh Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi, dan 3) pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Fakultas Ekonomi UNY. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY Angkatan 2011 yang berjumlah 129 Mahasiswa. Sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sebanyak 95 Mahasiswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket. Uji coba instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap 30 mahasiswa di dalam populasi diluar sampel. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linearitas dan multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Persepsi tentang profesi guru terhadap Minat menjadi guru akuntansi, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,378 koefisien determinan (r2) sebesar 0,143, dan harga ttabel lebih besar dari thitung pada taraf signifikansi 5% (3,941>1,987), 2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Informasi dunia kerja terhadap Minat menjadi guru akuntansi, hal tersebut ditunjukkan dari harga koefisien korelasi (r) sebesar 0,592, koefisien determinan (r²)sebesar 0,350, dan harga thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (7,081 >1,985), 3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan persepsi tentang profesi guru dan informasi dunia kerja secara bersama-sama terhadap Minat menjadi guru akuntansi hal tersebut ditunjukkan dari harga koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,603, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,363, dan Fhitung 26,268 lebih besar dari harga Ftabel 3,092. Sumbangan Efektif pada variabel persepsi tentang profesi guru sebesar 13,57% dan variable informasi dunia kerja sebesar 22,73%.
Kata kunci: Persepsi tentang profesi guru, Informasi dunia kerja, Minat menjadi guru akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.