PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN SIKAP SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Erwin Insani, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Sikap Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Paket Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian berjumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Sikap Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, yang ditunjukkan nilai rx12y= 0,333; R2x123y= 0,111; Fhitung=6,065 >Ftabel= 2,97 dan p =0,00, dengan total sumbangan efektif sebesar 11,1%.

Kata kunci: Pengaruh, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Sikap Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.