IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFMETODE JIGSAWUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2013/2014
Rr. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2013/2014 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif dengan metode Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dan dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan selama satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2013/2014yang berjumlah 31siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Indikator keberhasilan secara individual yaitu mencapai nilai 70 sebanyak 75% lebih dikatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2013/2014 meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif dengan metode Jigsaw.Pra siklusĀ dengan rata-rata 35,48 menjadi67,31 pada akhir siklus I an akhir siklus II meningkat menjadi 71,61. Dengan demikian pencapaian skor sudah memenuhi target, yaitu 75%.
Kata kunci: prestasi belajar akuntansi, model pembelajaran kooperatif metode jigsaw
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.