PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI
Rr. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 secara sendiri-sendiri atau bersama-sama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 96 siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,461; koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,212; dan thitung sebesar 25,353 lebih besar dari ttabel sebesar 1,968. (2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,529; koefisien determinasi r2x2y sebesar 0,28; dan thitung sebesar 5,131 lebih besar dari ttabel sebesar 1,968. (3) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Sumber Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi dengan koefisien korelasi Ry(1,2)sebesar 0,65; koefisien determinasi R2y(1,2)sebesar 0,423; dan Fhitung sebesar 34,075 lebih besar dari Ftabel sebesar 19,48.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Akuntansi, Pemanfaatan Sumber Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.