PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Septi Nur Hayani, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Rr. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan; 2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan; 3) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan; 4) Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi  Belajar  Siswa  secara  bersama-sama  terhadap  Prestasi  Belajar  Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx1y= 0,755; koefisien determinasi r2x1y= 0,570; dan thitung= 7,096 > ttabel= 1,68595; 2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx2y= 0,691; koefisien determinasi r2x2y= 0,478; dan thitung= 5,901 > ttabel= 1,68595; 3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx3y= 0,775; koefisien determinasi r2x3y= 0,601; dan thitung= 7,558 > ttabel= 1,68595; 4) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Internet, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx(1,2,3)y= 0,804; koefisien determinasi r2x(1,2,3)y= 0,648; dan Fhitung= 21,867 > Ftabel= 2,87.

Kata kunci: Prestasi Belajar Siswa, Pemanfaatan  Internet,  Lingkungan  Teman Sebaya, Motivasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.