PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Rr. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan; 2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan; 3) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan; 4) Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx1y= 0,755; koefisien determinasi r2x1y= 0,570; dan thitung= 7,096 > ttabel= 1,68595; 2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx2y= 0,691; koefisien determinasi r2x2y= 0,478; dan thitung= 5,901 > ttabel= 1,68595; 3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx3y= 0,775; koefisien determinasi r2x3y= 0,601; dan thitung= 7,558 > ttabel= 1,68595; 4) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Internet, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx(1,2,3)y= 0,804; koefisien determinasi r2x(1,2,3)y= 0,648; dan Fhitung= 21,867 > Ftabel= 2,87.
Kata kunci: Prestasi Belajar Siswa, Pemanfaatan Internet, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.