PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) MENGGUNAKAN ADOBE FLASH
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Computer Based Instruction (CBI) dengan aplikasi Adobe Flash pada materi akuntansi perusahaan dagang untuk siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif Computer Based Instruction (CBI) berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi (guru), dan siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan (Research and Development) yang di adaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan multimedia pembelajaran Computer Based Instruction (CBI) berdasarkan penilaian dari: 1) Ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,075 yang termasuk kategori Layak; 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,635 yang termasuk kategori Layak; 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi (Guru) diperoleh rata-rata skor 4,045 yang termasuk kategori Layak; dan 4) Siswa diperoleh rata-rata skor 4,45 yang termasuk kategori Sangat Layak. Dengan demikian multimedia pembelajaran interaktif Computer Based Instruction (CBI) yang dikembangankan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi perusahaan dagang.
Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Computer Based Instruction (CBI), Adobe Flash, ADDIE
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.