IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Ayi Chanja Wamala, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Implementasi Lesson Study Berbasis Sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Lesson Study yang dilaksanakan selama dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, skor rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat siklus I sebesar 74,31% menjadi 84,70% pada siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata hasil pre test sebesar 50,67% meningkat menjadi 69,7% pada post test. Pada siklus II nilai rata-rata hasi pre test sebesar 65,4% meningkat menjadi 78,14% pada post test. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat pada pre test siklus I sebesar 5,88% meningkat menjadi 58,85% pada post test. Ketuntasan hasil belajar pada pre test siklus II sebesar 29,41% meningkat menjadi 88,23% pada post test. Peningkatan hasil belajar ranah afektif kategori sikap pada siklus I sebesar 74,31% meningkat menjadi 88,23% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar psikomotorik pada siklus I sebesar 75,12% meningkat menjadi 88,03% pada siklus II.

Kata Kunci: Hasil Belajar Akuntansi, Lesson Study Berbasis Sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.