PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR SISWA DI LUAR JAM PELAJARAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Dina Kurnianingtyas, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi berjumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan multikolinearitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, yang ditunjukkan nilai Ry(1,2)= 0,493; R2y(1,2)= 0,243; Fhitung= 8,523; Ftabel= 3,172 dan p= 0,001; dengan total sumbangan efektif sebesar 24,3%.

Kata kunci:    Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.