PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM PADA KOMPETENSI DOKUMEN DANA KAS KECIL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil, 2) Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengembangan Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil melalui lima tahap yaitu: a) Tahap Analysis, b) Tahap Design, c) Tahap Development, d) Tahap Implementation, e) Tahap Evaluation. Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil berdasarkan penilaian oleh 3 Ahli materi dan 3 Ahli media. Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil sangat berguna, hal ini diketahui berdasarkan penilaian dari Ahli materi mendapat rerata skor validitas Aiken’s V sebesar 0,87 dengan kategori “Sangat Berguna”; penilaian dari Ahli media mendapat rerata skor validitas Aiken’s V sebesar 0,82 dengan kategori “Sangat Berguna”; Rerata skor validitas Aiken’s V secara keseluruhan sejumlah 0,84 yang berarti termasuk dalam kategori “Sangat Berguna”. 2) Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi ditandai dengan rerata skor per anak meningkat dari 69,5 menjadi 75,56. Peningkatan Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 6 skor atau dengan persentase 6%. Kesimpulannya adalah penggunaan Media Pembelajaran Film pada Kompetensi Dokumen Dana Kas Kecil dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Film, Motivasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.