IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan melalui Implementasi Model Pembelajaran Firing Line pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dapat meningkat setelah diberi tindakan Implementasi Model Pembelajaran Firing Line. Peningkatan pada siklus I nilai rata-rata sebelum tindakan (pre test) siswa sebesar 51,70 menjadi 72,79 setelah tindakan (post test) sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebelum tindakan (p-re test) sebesar 52,38 meningkat menjadi 83,23 setelah tindakan (post test). Pada siklus I belum ada siswa yang mencapai KKM sebelum tindakan (pre test) dan meningkat menjadi 10 siswa atau 47,62% setelah tindakan (post test) sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebelum tindakan (pre test) yaitu 2 siswa atau 9,52% meningkat menjadi 18 siswa atau 85,71% setelah tindakan (post test).
Kata kunci: Firing Line, Prestasi Belajar, Akuntansi Keuangan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.