PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Seruni Purbaningtyas, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Mahendra Adhi Nugroho, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisioner. Uji coba instrumen dilakukan di SMA Negeri 1 Padamara dengan N= 30. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif Kedisiplinan Siswa dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2) 0,474, R2y(1,2) 0,224 dan Fhitung 15,183 > Ftabel 3,082. Sumbangan Relatif Kedisiplinan Siswa 77,8755% dan Sumbangan Efektif 17,444%. Sumbangan Relatif Minat Belajar 22,1245% dan Sumbangan Efektif 4,956%.

 Kata kunci: Kedisiplinan Siswa, Minat Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.