PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Anisa Nurhadiyati, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi berjumlah 132 siswa. Sampel sebanyak 100 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 32 siswa kelas XII Paket Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bantul. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, yang ditunjukkan nilai Ry(1,2,3)= 0,698; R2y(1.2.3)=  0,487; Fhitung= 30,362 > Ftabel= 2,70; dengan total sumbangan efektif sebesar 48,7%.

 Kata kunci: Prestasi  Belajar  Akuntansi,   Motivasi  Belajar,   Kebiasaan  Belajar, Lingkungan Sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.