PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Arief Nurrahman, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Penguasaan Materi Pembelajaran oleh Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X  Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 86 siswa dan uji coba instrumen dilakukan pada 30 siswa dengan teknik uji coba terpakai. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi tiga prediktor, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran, Media Pembelajaran, dan Penguasaan Materi pembelajaran oleh Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Ry(1,2,3)=0,574; y(1,2,3)=0,329; Fhitung > Ftabel (13,400 > 8,560), dan sumbangan efektif sebesar 32,9%.

Kata kunci: Persepsi Siswa, Strategi Pembelajaran, Media Pembelajaran,  Penguasaan Materi Pembelajaran oleh Guru, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.