PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA

Titis Haryo Mukti, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 49 siswa. Uji coba instrumen dilakukan di SMK Koperasi Yogyakarta dengan N=30. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,497 dan harga Fhitung > Ftabel (7,556 > 3,20) dengan sumbangan efektif sebesar 9,426%.

 Kata kunci: Persepsi Siswa, Metode Mengajar Guru, Media Pembelajaran,  Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.