PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI

Ade Prahmadia Fuad, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Berbentuk Komik, 2) Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974) model 4D. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Komik yaitu; penilaian kelayakan Media Pembelajaran Berbentuk Komik oleh 3 Ahli Materi, 3 Ahli Media dan 1 Guru Akuntansi memperoleh rata-rata skor 3,37 termasuk kategori sangat baik. Tahap uji coba terbatas kepada 8 Siswa Kelas X Akuntansi memperoleh rata-rata skor 3,41 termasuk kategori sangat baik dan Motivasi Belajar Akuntansinya meningkat 6,72% dari 69,06% menjadi 75,78%, 2) Peningkatan Motivasi Belajar Akuntansi sesudah penggunaan Media Pembelajaran Berbentuk Komik diperoleh peningkatan sebesar 6,79% dari 71,64% menjadi 78,43%, kesimpulannya adalah Media Pembelajaran Berbentuk Komik dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2015/2016.

 Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik, Motivasi Belajar Akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.