PENGARUH PERGAULAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
Mahendra Adhi Nugroho, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pergaulan Kelompok Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 132 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, dengan rumus Slovin diperoleh sampel sejumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilakukan pada 32 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan yang bukan merupakan sampel penelitian. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan Pergaulan Kelompok Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2) 0,702, R2y(1,2) 0,492 dan Fhitung 47,045 >Ftabel 3,090. Sumbangan Relatif Pergaulan Kelompok Teman Sebaya 22,24% dan Sumbangan Efektifnya 10,94%. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar 77,76% dan Sumbangan Efektif 38,26%.
Kata kunci: Pergaulan Kelompok Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.