PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAM
Mimin Nur Aisyah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian Pengembangan bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk Pocket Book pelajaran PAM,(2) mengetahui kelayakan media yang dikembangkan sebagai media pembelajaran dengan penilaian dari Ahli,(3) meningkatkan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media. Penelitian Pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan 5 tahap pembuatan yaitu: Design, Development, Implementation, and Evaluation. Tingkat kelayakan Pocket Book sebagai berikut: 1) Ahli Materi memberikan rerata skor 4,4 termasuk kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media memberikan rerata skor 4,13 termasuk kategori Layak, 3) Guru SMK memberikan rerata skor 3,78 termasuk kategori Layak, Siswa memberikan rerata skor 4,24 termasuk kategori Sangat Layak, sehingga Pocket Book PAM Layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil analisis motivasi belajar siswa menggunakan media diperoleh peningkatan sebesar 4,53%, dengan skor sebesar 63,51% menjadi 68,04%. Pada pengujian uji t berpasangan diperoleh sebesar -3,719 sig.0,001 yang menunjukkan perbedaan motivasi yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media.
Kata kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Pocket Book, Motivasi Belajar, Praktik Akuntansi Manual (PAM).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.