PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI

Indriyani Putri Tari, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. 2) Pengaruh Status Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. 3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Ekonomi Keluarga secara bersama- sama terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi.Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0.375; koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,140; dan thitung sebesar 3,683 lebih besar dari ttabel sebesar 1,66342. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikanStatus Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,435; koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,189; dan thitung  sebesar4,403 lebih besar dari ttabel sebesar 1,66342. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Status Ekonomi Keluarga secara bersama- sama terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan koefisien korelasi Rx(1,2)y sebesar 0,526; koefisien determinasi R2x(1,2)y sebesar 0,277; dan Fhitung  sebesar15,684 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,11.

 

Kata Kunci: Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi, Motivasi Belajar, Status Ekonomi Keluarga.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.