THE IMPROVEMENT OF STUDENT’S ACCOUNTING LEARNING ACHIEVMENT USING COOPERATIVE LEARNING MODEL TSTS TECHNIQUE

Qori Kurnia, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk: Meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning teknik two stay two stray. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan Penerapan model pembelajaran cooperative learning teknik two stay two stray  dapat meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hal ini di dukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi yang diperoleh dari nilai rata-rata pre test dan post tes siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 20,63. Pada siklus II nilai rata-rata pre test dan post test siswa mengalami peningkatan sebesar 18,13 . Selain itu, terdapat peningkatan prestasi belajar akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari peningkatan post test sebesar 9,0 serta naiknya persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 82,50% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 100%.

 Kata kunci: Two Stay Two Stray, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.