PENGEMBANGAN MOBILE APPLICATION “BRAIN ACCOUNTING” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 TEMPEL

Yeni Nofia, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran Akuntansi yaitu mobile application Brain Accounting” berbasis Android dengan kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian untuk siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Tempel, (2) mengetahui kelayakan mobile applicationBrain Accounting”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan mobile application Brain Accounting” berbasis android menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis/analysis, desain/design, pengembangan/development, implementasi/implementation, dan evaluasi/evaluation, (2) Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,8 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, (3) Berdasarkan penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,24 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, (4) Berdasarkan penilaian guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4 yang termasuk dalam kategori Layak, (5) Berdasarkan penilaian siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI Ak 1, XI Ak 2, XI Ak 3, yang berjumlah 96 siswa, dari semua aspek diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,26 termasuk dalam kategori Sangat Layak.

 Kata Kunci: Mobile aplication Brain Accounting”,Android, Media, ADDIE, SMK Negeri 1 Tempel.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.