PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Annisa Nur Isnaini, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


      Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi; serta mengetahui peningkatan Motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran setelah menggunakan media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas X Ak 2 SMK Negeri 4 Klaten sebesar 0,22. Peningkatan tersebut masuk dalam kategori rendah karena nilai gain <0,3. Artinya, meskipun ada peningkatan Motivasi Belajar, tetapi secara signifikansi dari peningkatannya tidak terlalu banyak. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,8 dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,29 dalam kategori Sangat Layak, dan 3) Siswa uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor 4,22 dalam kategori Sangat Layak, sehingga Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Monopoli Akuntansi, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.