PENTINGNYA GREEN LIFE STYLE BAGI GEN Z DI ERA SOCIETY 5.0

Mawadatun Kafidah, Departemen Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Annisa Kusumawati, Departemen Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Arief Nurrahman, Departemen Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pentingnya Green Life Style Bagi Gen Z di Era Society 5.0. Gaya hidup (lifestyle) merupakan pola perilaku dan kebiasaan individu yang mencerminkan pilihan serta nilai-nilai mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Green lifestyle merujuk pada perilaku hidup ramah lingkungan yang lebih berkelanjutan seperti konsumsi yang berkelanjutan, pengurangan limbah, dan penggunaan produk yang mendukung pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya penerapan green lifestyle di kalangan generasi Z dalam Era Society 5.0. Metode purposive random sampling digunakan untuk memilih sample mahasiswa generasi Z dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif dan analisis jalur dengan SEM-PLS untuk mengukur hubungan antara variabel-variabel utama, yaitu peran brand, literasi keuangan, dan gaya hidup sehari-hari terhadap green lifestyle di kalangan generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran brand atau merek makanan dan fashion yang dapat memengaruhi pilihan green lifestyle; (2) Pengetahuan literasi keuangan, yang melibatkan pengelolaan keuangan seperti perencanaan, menabung, dan investasi berpengaruh dan mendukung green lifestyle, (3) gaya hidup sehari-hari, termasuk preferensi terhadap merek kendaraan, gadget, serta penggunaan barang-barang ramah lingkungan seperti produk zero waste berpengaruh kepada green lifestyle. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memotivasi generasi Z untuk menerapkan green lifestyle, serta tantangan yang dihadapi dalam mewujudkannya. Penelitian ini penting untuk memperkuat gerakan hijau di kalangan anak muda dan mempersiapkan mereka dalam menghadapi era teknologi yang semakin maju, yakni Era Society 5.0.

Kata kunci: Green Lifestyle, Generasi Z, Society 5.0.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.