TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEPUASAN BELAJAR SISWA MELALUI GAYA BELAJAR, METODE PEMBELAJARAN, GAMIFIKASI, DAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG TERINTEGRASI

Eldisto Yoga Samudra, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Annisa Nur Febriana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ayunda Nur Afifah Handayani, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Arief Nurrahman, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Transformasi Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kepuasan Belajar Siswa melalui Gaya Belajar, Metode Pembelajaran, Gamifikasi, dan Lingkungan Belajar yang Terintegrasi. Motivasi dan kepuasan belajar siswa memainkan peran penting dalam meningkatkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh gamifikasi dalam pembelajaran terhadap motivasi dan kepuasan siswa dengan mempertimbangkan metode pembelajaran, gaya belajar, dan lingkungan belajar. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, analisis jalur melalui SEM-PLS dilakukan untuk mengukur hubungan antar variabel. Sampel penelitian terdiri dari siswa SMA/sederajat yang dipilih dengan teknik purposive sampling, menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi dan metode pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi dan kepuasan siswa. Gamifikasi menciptakan suasana interaktif yang meningkatkan motivasi (koefisien = 0,239, p = 0,018) dan kepuasan belajar (koefisien = 0,168, p = 0,049). Metode pembelajaran juga mempengaruhi motivasi (koefisien = 0,236, p = 0,000) dan kepuasan (koefisien = 0,632, p = 0,000), menyoroti pentingnya metode yang adaptif untuk meningkatkan pengalaman belajar. Lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi (koefisien = 0,283, p = 0,007) namun tidak pada kepuasan, sementara gaya belajar berpengaruh pada motivasi (koefisien = 0,217, p = 0,038) tetapi tidak pada kepuasan belajar. Temuan ini mengindikasikan kombinasi strategi pembelajaran adaptif, gamifikasi, gaya belajar, dan lingkungan belajar mendukung dapat meningkatkan motivasi dan kualitas belajar. Preferensi gaya belajar dan lingkungan belajar membantu motivasi, namun tidak menentukan kepuasan belajar secara langsung. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi praktis bagi pendidik dalam merancang kurikulum yang lebih menarik dan adaptif terhadap kebutuhan siswa, sehingga dapat mendukung keberhasilan belajar siswa secara lebih holistik.

Kata kunci: gamifikasi, kepuasan belajar, lingkungan belajar, metode pembelajaran, motivasi belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.