ADOPSI AI DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF
Sri Rahayu, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Abstract
Abstrak: Adopsi AI Dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah berkembang secara dramatis setiap tahunnya. Terkait juga dengan bagaimana fitur, fungsi, dan tampilan barunya dapat memengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, salah satunya yaitu pada aspek pendidikan. Penggunaan kecerdasan buatan dalam kegiatan pendidikan di perguruan tinggi dan universitas kini sudah dimulai. Kemajuan teknologi instruksional semakin bergantung pada kecerdasan buatan tersebut. Tidak diragukan lagi, ada konsekuensi yang jelas tentang bagaimana orang akan bekerja di masa depan nantinya. Maka, tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat meningkatkan keampuhan pendekatan pedagogis dan menghasilkan pertemuan pendidikan yang lebih menarik khususnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, penggunaan AI dalam pendidikan menawarkan banyak manfaat, namun juga memerlukan perhatian khusus terhadap tantangan yang ada. Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencapai hasil optimal, integrasi AI harus dilakukan dengan hati-hati, yaitu dengan memerhatikan kebutuhan siswa dan konteks pendidikan yang lebih luas. Adopsi AI dalam pendidikan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif khususnya bagi para mahasiswa. Karena AI dapat menyediakan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.
Kata kunci: AI, Pembelajaran, Kritis, Kreatif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.