ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
Gusti Yarmi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Nina Nurhasanah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Media Pembelajaran berbasis video dinyatakan berhasil dalam mengatasi kesulitan belajar, meningkatkan keterampilan, dan peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian adalah menganalisis artikel pengembangan media pembelajaran berbasis video yang telah diteliti oleh para peneliti sebelumnya di Sekolah Dasar. Peneliti menggunakan metode penelitian Systematic Literature Review (SLR) terhadap artikel dengan rentang waktu terbit tahun 2021 (transisi kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka) hingga tahun 2024. Dari 3 Reseach Question pada penelitian ini ditemukan bahwa kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran dikelas karena masi menerapkan metode konvesional atau teacher center. Model yang paling banyak digunakan oleh peneliti adalah model ADDIE, serta dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis video para peneliti banyak menggunakan aplikasi animasi. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan referensi kepada pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video untuk menyampaikan materi pembelajaran dikelas agar lebih inovatif dan menarik.
Kata kunci: Media Pembelajaran berbasis video, Kurikulum Merdeka, Video Pembelajaran, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.